Tiga Usulan Terkait Registrasi On Line

Kepada
Rektor Universitas Negeri Semarang
di Tempat

Dengan hormat,
Puji syukur dan terima kasih kami sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak henti memberikan kenikmatan kepada seluruh warga Universitas Negeri Semarang tercinta. Sebagai mahasiswa, kami merasa bangga menjadi bagian dari civitas akademika yang senantiasa memperbaiki diri dan masyarakat melalui keindahan tradisi ilmiah dan kesejukan suasana kekeluargaan. Hanya berkat karunia Tuhan, semua itu bisa kita nikmati.
Sebagai ungkapan syukur, kami atas nama Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi merasa perlu berpartisipasi dalam setiap upaya perbaikan yang dilakukan di kampus ini. Membangun keunggulan lembaga Universitas Negeri Semarang dan mewujudkan kesejahteraan secara merata bagi setiap bagian dari civitas akademika. Kemajuan yang dapat dinikmati bersama, tanpa ada yang diabaikan atau dirugikan. Sungguh suatu karunia yang besar bila sebagai generasi muda, kami diberi kekuatan Tuhan untuk ikut mewujudkan impian mulia ini.
Maka ketika Universitas Negeri Semarang di bawah pimpinan Bapak berniat mengganti sistem pelayanan registrasi manual menjadi sistem pelayanan registrasi on-line, kami merasa hal itu sebagai upaya meningkatkan perbaikan pelayanan terhadap kami, para mahasiswa. Kami sadari, selama ini sistem pelayanan registrasi manual membuat kami harus meluangkan waktu beberapa menit untuk antri mendapatkan formulir, meluangkan waktu beberapa jam untuk mengisi formulir dan meluangkan waktu beberapa hari untuk mendapatkan tandatangan dosen wali. Menyediakan tenaga untuk melanjutkan proses registrasi ke komplek rektorat, kembali meluangkan waktu untuk antre berdesakan sebelum dipanggil petugas dan mendapatkan selembar Kartu Rencana Studi (KRS).
Tentu bukan sistem pelayanan seperti itu yang kami ingin pertahankan. Namun, kami pun merasa berat ketika peraturan sistem pelayanan registrasi on-line diberlakukan selagi perkuliahan memasuki masa tidak aktif pasca ujian semester gasal 2006/2007, selagi sebagian besar diantara kami menjalani liburan di rumah, selagi Badan Eksekutif Mahasiswa yang menjadi perwakilan mahasiswa menjalani proses transisi kepengurusan.
Bagi kami, pemberlakuan sistem pelayanan baru tanpa kecukupan sosialisasi dan persiapan matang bukanlah lebih baik dari pemberlakuan sistem pelayanan yang kurang efektif. Menghabiskan berjam-jam untuk mencoba mendaftar di Sikadu (http://akademik.unnes.ac.id) tidak lebih baik dari menghabiskan beberapa waktu untuk menggoreskan pensil 2B diatas formulir yang kami dapatkan tanpa membayar. Menghabiskan biaya sewa internet puluhan ribu rupiah untuk mengecek jadwal, tidak lebih baik dari meminta lembaran jadwal di kantor TU fakultas. Ketidaknyamaman antre di warnet tidak lebih baik dari ketidaknyamanan antre di kantor bagian administrasi.
Kami meyadari, setiap perubahan ke arah perbaikan memerlukan proses adaptasi yang membutuhkan waktu. Perubahan membutuhkan keteguhan dan optimisme untuk tetap berjalan. Maka agar niat baik memajukan Universitas Negeri Semarang melalui perbaikan pelayanan registrasi mahasiswa tidak justru berubah menjadi kemerosotan pelayanan yang dapat meningkatkan ketidakpuasan mahasiswa, kami mengajukan beberapa usulan sebagai berikut:
1. Mengingat sistem pelayanan registrasi on-line diberlakukan tanpa sosialisasi dan persiapan yang memadai dan perlunya waktu adaptasi untuk menjalankan sistem baru, kami meminta dihapuskannya ketentuan batas waktu pendaftaran on-line pada semester genap 2006/2007 dan semester gasal 2007/2008.
2. Mengingat pemberlakuan sistem pelayanan registrasi on-line pada semester genap 2006/2007 menuntut mahasiswa untuk mengeluarkan biaya sewa internet atau dengan kata lain sebagian biaya pelayanan registrasi dibebankan kepada mahasiswa, kami meminta pengembalikan dana SPP sebesar Rp. 25.000,- secara langsung kepada mahasiswa.
3. Mengingat sistem pelayanan registrasi on-line memerlukan fasilitas internet, kami meminta penyediaan 5 unit komputer dengan fasilitas internet di setiap fakultas untuk keperluan registrasi mulai semester gasal 2007/2008.
Demikian usulan dan permintaan kami sampaikan. Kami merasa, apa yang kami lakukan merupakan bagian dari upaya mewujudkan Universitas Negeri Semarang yang unggul dan sejahtera merata. Universitas yang didukung semua civitas akademika karena keadilannya dan diberkahi Tuhan Yang Maha Kuasa karena rasa syukurnya.

Semarang, 21 Februari 2007
Ketua BEM FE Unnes

Muhammad Hamdan
NIM. 3352403040

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: