Menghemat Ala On-line

Bagi BEM FE, registrasi on-line berarti mahasiswa harus nombok biaya sewa warnet. Bagi Unnes, on-line berarti penghematan.

Mengakses internet untuk melakukan registrasi akademik on-line, membuat mahasiswa harus mengeluarkan dana untuk biaya sewa warnet. Apalagi jika prosesnya tidak lancar.
Beberapa kali situs akademik.unnes.ac.id tidak dapat diakses. Jadwal yang sempat tersendat membuat sejumlah mahasiswa harus mengeluarkan uang ekstra.
Merasa tidak puas, BEM FE melayangkan surat kepada Rektor. Surat bernomor 006/BEM FE/II/2007 telah dilayangkan. Dalam surat itu BEM FE menuntut tiga hal. Pertama, menghapuskan batas waktu registrasi semester genap 2006/2007 dan semester gasal 2007/2008, karena registrasi on-line diberlakukan tanpa sosialisasi dan persiapan yang memadai serta perlunya waktu adaptasi untuk menjalankan sistem baru.
Kedua, mengembalikan uang SPP sebesar Rp.25 ribu per mahasiswa, karena sistem on-line menuntut mahasiswa untuk mengeluarkan uang untuk sewa warnet. Ketiga, menyediakan lima unit komputer dengan fasilitas internet di setiap fakultas karena sistem on-line memerlukan fasilitas internet.
“Sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari rektor,” kata Muhammad Hamdan, Ketua BEM FE, Jumat (9/3).
Saat diminta pembenaran mengenai surat tuntutan itu, Sudijono Sastroatmodjo Rektor Unnes mengaku telah menerima surat dari BEM FE. ”Kami sadari, dengan adanya perubahan itu, ada dampak-dampak yang tidak dengan sebagian orang. Sebagian orang itu melakukan protes. Bagi kami, itu satu hal yang harus mendorong kami bekerja lebih keras lagi,” kata Sudijono.
Tentang tuntutan penghapusan ketentuan batas waktu pendaftaran on-line, PR I Supriadi Rustad, Senin (12/3) mengungkapkan apabila penghapusan ketentuan batas waktu akan sangat mempengaruhi masalah administrasi. Karenanya, PR I mengatakan setelah tanggal 20 Maret sangsi tegas akan tetap diberikan kepada mahasiswa yang belum melaksanakan registrasi.
Mengenai pengembalian Rp 25 ribu, Rektor mengatakan, ”kalau harus mengembalikan, itu atas dasar apa. Bagaimana bisa merumuskan 25 ribu?”
Sedangkan menanggapi tuntutan pengadaan lima komputer di tiap jurusan pada registrasi semester gasal 2007 mendatang, ”kemungkinan semester depan sudah dapat dilaksanakan, namun masih harus berkoordinasi dengan KPPN (Kantor Pusat Pembendaharaan Negara),” ungkap Sudijono. ”Ini kan kaitannya dengan dana, ya. Untuk mengusulkan dana itu harus koordinasi dengan KPPN,” tegasnya.
Unnes berhemat
Pemberlakuan registrasi on-line membuat Unnes menghemat dana Rp. 120-an juta yang semula digunakan untuk menyediakan LJK (Lembar Jawab Komputer). Hal ini diungkapkan Supriadi Rustad, PR I dalam rapat koordinasi Bidang Kemahasiswaan Unnes tahun 2007 dengan LK (Lembaga Kemahasiswaan) se-Unnes, Kamis (8/2) di bekas Ruang LPM gedung H lantai 4. Sebelumnya, Rustad mengungkapkan hal serupa kepada Express, Selasa (29/1).
Tetapi, ”saya belum tahu pasti berapa jumlah dana yang dihemat,” jawab Rektor ketika diminta kejelasan mengenai jumlah dana itu, Senin sore (5/3).
Penghematan ini ditanggapi oleh BEM KM dengan tuntutan pengembalian kepada mahasiswa dalam berbagai bentuk seperti pemberlakuan warnet gratis, peningkatan mutu mahasiswa dan lain-lain yang bermanfaat untuk mahasiswa. ”Apabila tidak disetujui oleh pihak rektorat, maka harus ada transparansi penggunaan uang tersebut,” tegas Slamet Sugianto, Presiden Mahasiswa, Senin (5/3). ”Sampai saat ini BEM KM sudah meminta kejelasan pada PR I mengenai hal tersebut, tapi belum sempat membahasnya dalam forum,” lanjutnya. Rahma, Udin, Ima, Ia’, Am, Mut

Sumber: Buletin Express no 1 vol 5 2007

Satu Balasan ke Menghemat Ala On-line

  1. admin189 mengatakan:

    sebenarnya ada nilai plus jg dngan adanya akademik online (selain penghematan untuk unnes)
    1.mahasiswa dipaksa belajar internet (banyak mahasiswa yg msh nggak mudeng internet)
    2. bisa diakses di manapun.. jd bisa di kampung broo
    3. data mahasiswa lebih aman karena sistem komputerisasi jd nggak akan robek dan minimalisir kehilangan data karena ada sistem back up setiap harinya (walaupun mnrut saya >90% OS unnes bajakan.. hehehe)

    ok smoga unnes lebih maju dibidang IT nya.. jd nggak terlalu deso banget gitu loh…

    admin189@remfm.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: